Penetapan kebutuhan pegawai ASN dilingkungan kota Batam dan Tanjung Pinang tahun 2021

Penetapan kebutuhan pegawai ASN dilingkungan kota Batam dan Tanjung Pinang tahun 2021

Siapa yang penasaran dengan kapan rencana pendaftaran CPNS 2021 mulai dibuka, jadwal pembukaan seleksi calon ASN 2021 sudah dibuka untuk Kota Batam 2021. Informasi seputar jadwal CPNS 2021 ini memang ditunggu-tunggu oleh calon pelamar yang akan mendaftarkan diri di tahun 2021 ini.


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akhirnya setuju dengan permintaan Pemko Batam untuk merekrut 2.958 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2021 ini. Keputusan tersebut diterima sebagaimana surat Kemenpan-RB Nomor 542 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemko Batam.

Formasi yang dibutuhkan

Dalam surat tertulis tersebut disebutkan, Batam akan mendapatkan 2.958 formasi ASN baru, dengan rincian 2.570 untuk tenaga guru, 226 tenaga kesehatan, dan 162 tenaga teknis.

Surat tersebut ditanda tangani langsung Menpan-RB, Tjahjo Kumolo.

Dengan dua jenis penerimaan tahun 2021 ini.

Pertama untuk kategori aparatur sipil negara (ASN). Kedua untuk kategori PPPK untuk tenaga guru. Seperti diketahui, tahun ini tidak ada lagi formasi CPNS untuk tenaga guru, berganti dengan PPPK.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan, mengatakan, meskipun tidak ada formasi CPNS untuk guru, namun adanya penerimaan 2.570 PPPK bisa menjadi kesempatan bagi tenaga guru honorer yang ada saat ini untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Ia menjelaskan mengenai PPPK, hak yang diterima PPPK sama ASN. Yang membedakan, PPPK tidak mendapatkan pensiun.

”Saya rasa ini kesempatan bagus untuk tenaga guru honorer yang ada saat ini. Namun, saya minta tetap mempersiapkan diri karena ada tes untuk bisa lolos menjadi tenaga PPPK,” jelasnya, Jumat (7/5/2021) 

”Meskipun PPPK ini tetap kesempatan baik dalam peningkatan jenjang karir tenaga honorer. Selama ini CPNS untuk guru kan tak banyak, jadi saya sempat tak percaya juga kalau PPPK diberikan sebanyak itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, kebutuhan guru akan cukup banyak untuk saat ini. Untuk itu, kuota besar yang diberikan ini diharapkan bisa dimanfaatkan tenaga guru honorer yang sudah lama mengajar, sebab tunjangan yang mereka terima sama dengan ASN.

”Persiapkan diri untuk tes, karena ini kesempatan baik. Meskipun saya masih berharap formasi CPNS tetap dibuka. Sebab ini adalah harapan semua guru bisa diangkat sebagai pegawai tetap di pemerintahan,” tutupnya.


Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam, Asnah, juga sudah meminta kepada calon PPPK untuk mempersiapkan diri, begitu juga dengan CPNS.

Ia merinci, usulan CPNS dari kalangan guru memang tidak ada, karena memang dari pusat tidak membuka dan dialihkan ke PPPK.

Formasi CPNS tenaga kesehatan sebanyak 202, dan tenaga teknis 243 orang.

Asnah menyebutkan, saat ini, sedikitnya ada 2.000 lebih tenaga guru dari kalangan honorer.


Harapan untuk Guru Honorer

Kehadiran tenaga honorer selama ini sangat membantu guru CPNS dalam menjalankan tugasnya.

Disinggung mengenai teknis pelaksanaan tes, Asnah mengatakan, masih menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Terkait penambahan atau perubahan sistem pelaksanaan nanti masih menunggu surat resmi dari pusat.

”Kita daerah tunggu dan melaksanakan aja. Namun hingga sekarang belum ada juknis (petunjuk teknis) terkait pelaksanaan dan pembukaan CPNS nanti,” terangnya, belum lama ini.

Detail Formasi yang dibutuhkan

Detail Penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara dilingkungan kota Batam tahun anggaran 2021 bisa dilihat di link PDF berikut ini: 

https://drive.google.com/file/d/1aGRsZdjQyGCkSTv0z01KrR_OYiHiwHnj/view?usp=sharing

Detail Penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara dilingkungan kota Tanjung Pinang tahun anggaran 2021 bisa dilihat di link PDF berikut ini:

https://drive.google.com/file/d/1z27YV3C4iRVKbXBQo0zx3N8I3HMVJy7n/view?usp=sharing

Materi Latihan CPNS Gratis

Materi Kunci Sukses CPNS merupakan salah satu yang paling banyak dicari dengan harapan teman-teman mendapatkan gambaran pada saat tahap seleksi sehingga memungkinkan teman-teman bisa lulus CPNS.

Bagaimana cara mendapatkan Soal Latihan CPNS?

Untuk mendapatkan file Kunci sukses CPNS ini cukup mudah File berformat RAR kapasitas 175MB terdiri dari berbagai macam soal Mulai Dari MATERI CPNS TWK, TIU, DAN TKP SKD semua dirangkum juga dari berbagai penerbit sehingga nanti teman-teman bisa dengan mudah membandingkan soal-soal dari buku satu dan buku yang lainnya.


Click tombol diatas untuk mendapatkan Kumpulan Soal-Soal Ujian CPNS Gratis

Jenis File: PDF

Ukuran File: 175 mb

Support Devoloper: Google Drive

Masih Bingung cara download filenya coba lihat video tutorial dibawah ini

You may like these posts