Hungaria vs Portugal Sebuah Pertandingan Bersejarah Di antara Covid19

Hungaria vs Portugal Sebuah Pertandingan Bersejarah Di antara Covid19



Semalam kita disuguhkan pertandingan yang luar biasa bersejarah kurun waktu 2 tahun terakhir ini. Bukan soal rekor Cristiano Ronaldo yang cetak 2 gol dan menyematkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Eropa. Bukan soal 10 menit terakhir yang dramatis, di mana 3 gol tersarang ke gawang Peter Gulasci (hungaria).

Tapi soal banjir penonton. Tak kurang ada 68.000 pasang mata hadir di tribun itu. Ini bersejarah tentunya. Tatkala Isu Pandemi Covid19 masih berlangsung, tapi Pemerintah Hungaria mengambil Resiko dengan memenuhi tribun itu. Bukan tanpa sebab dan aturan. Pemerintah Hungaria memberikan garansi dan aturan ketat siapa saja yang boleh duduk tanpa sekat semalam. Syaratnya yang hadir harus telah divaksin, dan bagi yang non-Hungaria, harus lolos tes PCR terlebih dahulu.

Ini bukan uji coba sekali saja di arena publik di kawasan Eropa. Beberapa waktu silam Inggris dan Spanyol, mengadakan event musik yang berjubel penonton. Tentu prasyarat menyertai hal tersebut.

Pandangan Prospektif


Namun, bagi penganut teori Konspirasi, pertandingan semalam makin membuktikan argumen mereka, bahwa Covid19 itu masih dipertanyakan. Juga akan mendukung opini yang berkembang di masyarakat bahwa sejatinya Covid19 itu suatu hal yang sangat tabu. Sesuatu hal yang ditakut-takuti, Kita bisa check saja, tak sedikit di masyarakat yang beranggapan demikian.

Padahal, berita dan informasi beredar, Bangkalan, Kudus serta Jakarta diduga telah masuk Varian Delta covid19 yang berasal dari India. Dan ketakutan akan hadirnya efek domino dari meningkatnya varian virus covid19 terbaru ini.

Tentu pertandingan semalam itu juga, akan membuat suporter yang rindu hadir di stadion, menjadi harapan baru di tengah matinya kompetisi resmi liga Indonesia di berbagai level. Sekaligus pertandingan semalam, bakal menjadi PR besar bagi Nakes dan pemerintah untuk menjelaskan ke publik tentang bahayanya virus covid19.

Sistem Keamanan

Sejatinya kalau semua level bekerja keras dan cerdas menangani covid19, maka mimpi ala Hungaria itu akan terwujudkan. Keberadaan Genose, Swab Anti gen dan PCR harus dilakukan secara meluas, tak sekedar untuk trace belaka, tetapi juga harus dilakukan dengan prosentase yang besar. Juga mempersiapkan akses vaksin yang mudah dan cepat. Penelitian yang mendukung lahirnya vaksin buatan dalam negeri harus segera diusung.

Serta pihak pihak yang berwenang harus adil dan menjadi contoh atas perilaku mereka menjaga 3M dan Protokol kesehatan. Tanpa tebang pilih dan tanpa unsur politik belaka. Selain itu, Karantina wilayah dilakukan secara ketat dan sesuai undang-undang, selama proses test dan vaksin itu dilakukan secara sungguh-sungguh.

Memberikan aturan yang ketat kepada mereka yang berpergian dan datang dari Luar Negeri. Meskipun itu pekerja yang didatangkan langsung oleh orang yang berpengaruh sekalipun.

You may like these posts