Berikut Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Seluruh Indonesia

Berikut Cara Cek Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Seluruh Indonesia

Kasus positif COVID-19 di Jakarta bertambah 3.221 sehingga total kasus menjadi 482.264 pada Selasa (22/6/2021). Tingginya kasus positif COVID-19 juga berdampak pada ketersediaan tempat tidur kosong untuk rawat inap di Jakarta.



Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, tingkat hunian tempat tidur rumah sakit untuk pasien COVID-19 terisolasi 90 persen dan ICU 81 persen. Kemudian RS Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat juga penuh karena jumlah kasus COVID-19 yang terus melonjak.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah menambah 34 rumah sakit rujukan COVID-19 per 17 Juni 2021.

Artinya, jumlah rumah sakit DKI Jakarta untuk COVID-19 yang sebelumnya 106, kini menjadi 140 unit. "Dengan penambahan kasus di Jakarta, kami menambah 140 rumah sakit untuk menangani COVID-19, yang pada awal Juni sebanyak 106 rumah sakit," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2021). Dari 140 rumah sakit, Anies merinci ada 8.524 tempat tidur dan 1.186 ICU. Saat ini, kata Anies, jumlah rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk merawat pasien COVID-19 sebanyak 32 rumah sakit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 rumah sakit yang tingkat okupansinya sudah mencapai 100 persen. 

Sementara, 19 rumah sakit lainnya telah melampaui tingkat okupansi 60 persen. “Kita tambah tempat tidur, tambah kapasitas rumah sakit, tapi lonjakan [kasus COVID-19] terlalu cepat. Kalau saja minggu lalu kapasitas tidak ditambah [tempat tidur], itu akan melewati 100 persen [tingkat okupasi]. 

Sekarang ada Ada ruang untuk rumah sakit tambahan saya minta semua orang untuk lebih berhati-hati," katanya. Cara cek ketersediaan kamar rawat inap pasien COVID-19 di Jakarta Untuk mengetahui rumah sakit mana saja yang masih memiliki tempat tidur kosong khusus pasien COVID-19 dan untuk pasien non-COVID-19, Anda dapat melakukan pengecekan melalui layanan Siranap yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia Menteri Kesehatan. . 

Berikut cara cek ketersediaan kamar di rumah sakit daerah melalui Aplikasi Yankes Mobile dan halaman Yankes Siranap. 



Melalui aplikasi Yankes Mobile 

1. Unduh dan instal aplikasi Yankes Mobile di Google Play. 

2. Kemudian buka aplikasinya. 

3. Di bagian bawah tampilan aplikasi, klik menu "Data". Klik menu "Rumah Sakit". Klik menu "Syreap". Pada kolom "Search", ketik "DKI Jakarta". 

4. Kemudian akan muncul daftar rumah sakit dan ketersediaan tempat tidur. 

Melalui laman Yankes Siranap 

1. Buka laman http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/ 

2. Pilih “Tempat Tidur Covid-19” untuk melihat ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit atau pilih "Tempat Tidur Non COVID-19" untuk melihat ketersediaan tempat tidur pasien non COVID-19. 

3. Pilih provinsi DKI Jakarta

 4. Pilih kota/kabupaten tempat rumah sakit berada atau langsung klik "Search" 

5. Pilih rumah sakit yang ingin dituju dan klik "Bed" kemudian informasi tentang kondisi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit akan muncul. Anda juga dapat melihat alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi terkait rumah sakit tersebut. 

6. Selain itu, Anda juga dapat memilih atau mengklik "Peta" untuk mengetahui lokasi rumah sakit.

You may like these posts