Sekilas tentang Bitcoin

 Sekilas tentang Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang lahir menggunakan blockchain berbasis jaringan. Walaupun saat ini Bitcoin sudah bisa di perdagangkan melalui bursa kripto, langkah pertama untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan cara menambang atau mining.



Apa itu Penambangan?

Mining Bitcoin merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin yang merupakan mata uang digital terpopuler saat ini.


Bedanya tidak menggunakan alat berat pertambangan, melainkan menggunakan komputer. Untuk memahami proses menambang Bitcoin, kita harus kembali ke konsep dasar.

Teknologi di balik cryptocurrency adalah Blockchain, yang merupakan rantai blok yang berisi komponen kriptografi. Awalnya, pengguna harus menyelesaikan matematika untuk menerima Bitcoin sebagai hadiah.


Penambangan Bitcoin dilakukan oleh komputer dengan daya komputasi tinggi. Kemudian membutuhkan biaya listrik yang tinggi untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks (begitu kompleks sehingga tidak dapat diselesaikan dengan tangan, dan bahkan cukup rumit untuk membebani komputer yang sangat kuat sekalipun).


Tujuan utama penambangan Bitcoin adalah untuk memungkinkan node mencapai konvensi Bitcoin yang aman dan anti-rusak. Penambangan juga merupakan mekanisme yang digunakan untuk memperkenalkan Bitcoin ke dalam sistem: Penambang dibayar dengan biaya transaksi serta “subsidi” dari koin yang baru dibuat.


Kedua hal ini sejalan dengan tujuan menyebarkan koin baru secara terdesentralisasi serta memotivasi orang untuk memberikan keamanan bagi sistem.


Cara Kerja Penambangan Bitcoin

Hasil dari “penambangan bitcoin” ada dua. Pertama, ketika komputer memecahkan masalah matematika yang kompleks di jaringan Bitcoin, mereka menghasilkan bitcoin baru, tidak seperti ketika operasi penambangan mengekstraksi emas dari tanah.


Dan kedua, dengan memecahkan masalah matematika berbasis komputasi. Penambang Bitcoin membuat jaringan pembayaran Bitcoin dapat dipercaya dan aman, dengan memverifikasi informasi transaksi mereka.


Bitcoin Flow Mining dimulai dari transaksi apakah valid atau tidak, kemudian mengumpulkan transaksi tersebut dalam satu blok. Untuk menyelesaikan blok baru, hash diperlukan dari header blok sebelumnya.

Kemudian harus memecahkan masalah Proof-of-Work, dan ketika solusi ditemukan, blok baru ditambahkan ke blockchain dan disebarkan ke jaringannya. Karena prosesnya yang sangat rumit, maka tidak heran jika harga Bitcoin begitu tinggi.


Bukti Kerja

Untuk menambahkan blok transaksi ke blockchain, penambang harus memecahkan masalah matematika komputasi yang kompleks, juga disebut “bukti kerja”.


Apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah mencoba menghasilkan angka heksadesimal 64 digit, yang disebut "hash", yang kurang dari atau sama dengan hash target.


Tingkat kesulitan blok saat ini lebih dari 13 triliun. Artinya, peluang komputer menghasilkan hash di bawah target adalah 1 banding 13 triliun.


Sayangnya, sistem komputer yang digunakan untuk menambang Bitcoin menghasilkan lebih banyak hash dari itu. Meskipun demikian, penambangan bitcoin membutuhkan energi yang sangat besar dan peralatan komputasi yang canggih, tetapi lebih dari itu juga.


Tingkat kesulitan disesuaikan setiap blok 2016, atau kira-kira setiap 2 minggu, dengan tujuan menjaga tingkat penambangan konstan. Artinya, semakin banyak penambang bersaing untuk mendapatkan solusi, semakin sulit masalahnya.


Saat ini, penambangan bitcoin sangat kompetitif sehingga hanya dapat dilakukan secara menguntungkan dengan ASIC terbaru. Saat menggunakan komputer desktop, GPU, atau model ASIC yang lebih lama, biaya konsumsi energi yang sebenarnya melebihi pendapatan yang dihasilkan.


Jenis Pertambangan

1. Penambangan Awan

Cloud mining adalah proses pembelian daya CPU dari pusat data yang menggunakan peralatan untuk melakukan aktivitas penambangan cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).


2. Penambangan Gabungan

Merged Mining adalah proses menambang dua jenis cryptocurrency yang terpisah secara bersamaan.


Meskipun tidak sama dengan algoritma PoW atau bahkan PoS, beberapa proyek telah menerapkan penambangan gabungan untuk menggunakan struktur jaringan yang lebih aman yang ada saat mereka berkembang.

You may like these posts