Singapura Tak Akui Warga yang Gunakan Vaksin Sinovac

Singapura Tak Akui Warga yang Gunakan Vaksin Sinovac

Buat yang mau berkunjung kesingapore, perlu diketahui bahwa tidak semua negara mengakui penggunaan vaksin Sinovac sebagai vaksin Covid-19, salah satunya adalah tetangga Indonesia di Asia Tenggara, Singapura.

Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan vaksin Sinovac sebagai vaksin Covid-19, Singapura bahkan tidak memasukkan vaksin Sinovac sebagai program vaksinasi nasional.

Jadi, kalaupun warga menggunakan vaksin Sinovac, tidak akan dipertimbangkan oleh pemerintah Singapura.


Dilansir Reuters, Rabu (7/7/2021), Kementerian Kesehatan Singapura saat ini hanya mencatat orang yang divaksinasi dengan vaksin Moderna dan Pfizer-BioNTech.

"Angka vaksinasi nasional hanya mencerminkan mereka yang divaksinasi di bawah program vaksinasi nasional," kata Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Singapura menambahkan bahwa vaksin Sinovac bukan bagian dari program vaksinasi nasional Singapura.

Penerima vaksin Sinovac juga tidak dikecualikan dari aturan bebas tes Covid-19 sebelum menghadiri acara-acara tertentu atau memasuki tempat-tempat tertentu.

Hanya mereka yang telah menyelesaikan vaksinasi lengkap dengan Moderna atau Pfizer yang dibebaskan dari pengujian Covid-19 untuk menghadiri acara tertentu atau memasuki tempat tertentu.

Namun, Singapura terus mengizinkan penggunaan vaksin Sinovac di klinik swasta khusus, setelah disetujui untuk penggunaan darurat oleh WHO.



Sekitar 3,7 juta orang, atau sekitar 65 persen dari populasi “Lion Land”, telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna.

Kedua vaksin telah menunjukkan tingkat kemanjuran lebih dari 90 persen dalam uji klinis.

Direktur Pelayanan Medis Singapura Kenneth Mak mengatakan alasan tidak memasukkan Sinovac dalam program vaksin nasional adalah bukti dari negara lain yang menunjukkan bahwa orang masih terinfeksi virus corona meski sudah diberikan vaksin Sinovac.

"Ada risiko signifikan dari terobosan vaksin," katanya. (joe/tributimur)

You may like these posts