Tujuh kota di Australia sekarang terkunci varian virus corona Delta yang sangat menular

Tujuh kota di Australia sekarang terkunci karena pihak berwenang berjuang untuk mencegah penyebaran varian virus corona Delta yang sangat menular.

Pejabat melaporkan sedikit peningkatan kasus pada hari Rabu, menjadi lebih dari 200 kasus.

Hampir setengah dari populasi - lebih dari 12 juta orang - berada di bawah perintah tinggal di rumah di Sydney, Brisbane, Perth, Darwin, Townsville, dan Gold Coast.

Pada hari Rabu, kota pedalaman Alice Springs juga memasuki penguncian cepat setelah kasus muncul di Australia Selatan.

Pihak berwenang khawatir virus itu sekarang dapat menyebar ke komunitas Aborigin terdekat yang sudah rentan.

Di seluruh negeri pada hari Rabu, para pemimpin negara bagian mengatakan mereka menghadapi "situasi pressure cooker" ketika kasus-kasus baru muncul.


Bagaimana Delta memecahkan gelembung Covid Australia

Banyak pemimpin telah mendesak vaksinasi lebih cepat karena hanya 5% dari populasi yang divaksinasi penuh.

Tapi pesan seputar vaksin utama negara itu, jab AstraZeneca, telah bertentangan.


Kontradiksi vaksin membingungkan publik

Jika Anda bangun di Australia hari ini, Anda akan dimaafkan karena bingung tentang vaksinasi. Ada peluncuran yang lambat, kurangnya pasokan, dan keraguan vaksin. Sekarang, tambahkan pesan campuran dari kepemimpinan ke daftar ini dan Anda mendapatkan badai yang sempurna.

Dalam putaran besar pada hari Senin Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan bahwa siapa pun yang berusia di bawah 40 tahun yang menginginkan vaksin AstraZeneca dapat memilikinya setelah berbicara dengan dokter umum mereka.

Pesan itu dengan cepat ditolak oleh presiden Asosiasi Medis Australia, yang mengatakan hal itu mengejutkannya dan bertentangan dengan saran ahli. Australian Technical Advisory Group on Immunization (ATAGI) merekomendasikan AstraZeneca selama lebih dari 60-an.

Perdana menteri negara bagian kemudian juga menuduh PM melakukan bimbingan yang salah, sambil mengkritik kekurangan alternatif Pfizer.

Delta telah menembus pertahanan Australia lebih cepat dari yang diperkirakan. Ini menggarisbawahi betapa lambat dan kadang-kadang buruknya peluncuran vaksin.

Australia tetap dalam posisi yang patut ditiru secara global, dengan jumlah kasus dan kematian Covid-19 yang rendah secara keseluruhan.

Tetapi beberapa minggu ke depan akan sangat penting - dengan keberhasilan Covid di negara itu sekarang tergantung pada keseimbangan.



Garis abu-abu presentasi

Varian Delta telah ditemukan di lima dari delapan negara bagian dan teritori, hanya dua minggu setelah muncul di Sydney.

media captionBagaimana perasaan Sydney tentang kembalinya lockdown?

Australia telah mencegah penularan Covid yang lebih luas selama setahun terakhir melalui langkah-langkah ketat. Ini termasuk perbatasan tertutup, karantina hotel dan sistem pelacakan kontak yang agresif.

Tetapi kebocoran dari karantina telah menyoroti kesenjangan dalam pertahanan negara.

Ini juga telah mengekspos kerentanan populasi yang sebagian besar tidak divaksinasi. Morrison telah banyak dikritik karena kegagalan peluncuran vaksin.


Panggilan untuk memperketat perbatasan

Pada hari Rabu, Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk juga menyerukan tindakan keras terhadap kedatangan internasional.

Dia mengatakan, kasus baru Delta negara datang dari seorang pelancong bisnis dari Indonesia yang telah menginfeksi resepsionis rumah sakit. Tiga kota di negara bagian - Brisbane, Townsville dan Gold Coast - memasuki penguncian tiga hari pada hari Selasa.

"Orang yang membawa virus ke Queensland adalah seorang musafir biasa, bukan orang Australia yang rentan yang kembali ke rumah... Sejujurnya saya pikir kita perlu diskusi serius tentang memastikan bahwa orang yang divaksinasi datang ke negara ini," kata Ms Palaszczuk.

"Kita harus meminimalkan risiko. Saat ini kita sedang berada dalam tekanan memasak. Tepat di seberang Australia."

Australia Barat dan Victoria juga menyerukan penilaian ulang terhadap kedatangan yang diizinkan masuk ke negara itu.

New South Wales mencatat 22 kasus baru pada hari Rabu, menjadikan clusternya menjadi sekitar 170 kasus. Ibukotanya, Sydney, dan daerah sekitarnya tetap terkunci hingga 9 Juli.

You may like these posts